Sabtu, 09 April 2011

PARAGRAF

BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian paragraf
Paragraf adalah suatu bagian dari bab pada sebuah karangan atau karya ilmiah yang mana cara penulisannya harus dimulai dengan baris baru. Paragraf dikenal juga dengan nama lain alinea. Paragraf dibuat dengan membuat kata pertama pada baris pertama masuk ke dalam (geser ke sebelah kanan) beberapa ketukan atau spasi. Demikian pula dengan paragraf berikutnya mengikuti penyajian seperti paragraf pertama
Kemudian ada yang berpendapat bahwasanya paragraf adalah kalimat-kalimat yang berhubungan untuk membicarakan satu topik tertentu. Dan juga paragraf itu bukan hanya sekedar kumpulan kalimat, melainkan disebut paragraf itu apabila sekumpulan kalimat tersebut terdiri dari satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas.
Kita perlu membuat dua kerangka agar bagian-bagian yang dibicarakan tersebut tidak terlewatkan dan tidak terbahas sampai dua kali, dua kerangka tersebut harus seperti di bawah ini :
• Tentukan terlebih dahulu sesuatu yang ingin dibicarakan (topik) yang bersifat umum
• Uraikan topik tersebut menjadi bagian-bagian penjelas menjadi lebih spesifik
Contoh:
• Kudis …………. Pikiran penjelas……………. Menjadi kalimat penjelas.
Untuk membuat literatur tentang penyakit kudis anda dapat mencari berbagai referensi dari berbagai buku, internet dan lain sebagainya, misalnya penyebap terjangkitnya penyakit kudis tersebut, gejalanya dan cara mencegah dan mengobatinya. Dan apabila penjelas tersebut di letakkan pada awal dan kesimpulannya diletakkan di akhir maka disebut induktif, sebaliknynya apabila penjelas tersebut itu diletakkan di akhir maka disebut deduktif.
Contoh kalimat induktif:
“Karena kejahatan di internet sekarang ini sangat berbahaya sekali dan mengancam semua orang terutama anak-anak, Sebab mereka masih terlalu hijau masih cukup untuk mengawasi hal-hal mencurigakan di sekelilingnya. Sehingga menjadi tanggung jawab setiap orangtua untuk selalu mengawasi sang buah hati.”
Paragraf diatas merupakan paragraf induktif karena kalimat utamanya terdapat diakhir paragraf dan kalimat penjelasnya di awal paragraf.
Kalimat utamanya adalah :
Sehingga menjadi tanggung jawab setiap orangtua untuk selalu mengawasi sang buah hati.
Kalimat penjelasnya yaitu :
Karena kejahatan di internet sekarang ini sangat berbahaya sekali dan mengancam semua orang terutama anak-anak, Sebab mereka masih terlalu hijau masih cupu untuk mengawasi hal-hal mencurigakan di sekelilingnya
Contoh kalimat deduktif:
“HM Wahid, warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menipu beberapa orang hingga jutaan rupiah. Wahid mengaku bisa mengupayakan para korbannya bekerja ikut kapal luar negeri seperti Jepang, Amerika, Korea, dan Australia dengan gaji tinggi. Namun korban diminta membayar sedikitnya Rp 4 juta untuk mengurus paspor, cek kesehatan, dan dokumen lain sebagai syarat berlayar.”
Kenapa paragraf diatas termasuk ke dalam paragraf deduktif?, karena paragraf tersebut memiliki kalimat utama diawal paragraf dan kalimat penjelasnya ada pada akhir paragraf
Kalimat utama :
HM Wahid, warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menipu beberapa orang hingga jutaan rupiah
Kalimat penjelas :
Wahid mengaku bisa mengupayakan para korbannya bekerja ikut kapal luar negeri seperti Jepang, Amerika, Korea, dan Australia dengan gaji tinggi…………..
B.Syarat-syarat paragraf yang baik
Ada tiga hal harus diperhatikan dalam menyusun paragraf yaitu:
1. Kesatuan
2. Kepaduan dan
3. Kelengkapan
Paragraf yang baik biasanya terdiri dari satu kalimat topik/kalimat utama/kalimat inti dan beberapa kalimat penjelas itulah yang disebut dengan kesatuan.
Kemudian syarat yang kedua adalah kepaduan (koherensi), dimana dalam sebuah paragraf tidak ada kalimat yang tidak ada hubungannya atau menyimpang dari paragraf itu. Apabila ada yang menyimpang dari topik itu maka kalimat tersebut harus dibuang.
Adapun upaya yang harus dilakukan agar paragraf menjadi padu (koheren) yaitu:
1. Penggunaan pengulangan kata atau kata kunci
2. Pengunaan kata ganti
3. Pengunaan transisi antar kalimat.
C.Macam-macam paragraf
 Menurut fungsi dan tujuannya
a. paragraf pembuka
b. paragraf penghubung
c. paragraf penutup
 Menurut posisi kalimat topik :
a. paragraf deduktif
b. paragraf induktif
c. paragraf deduktif – induktif
d. paragraf tersebar
 Berdasarkan sifat isinya :
a. paragraf eksposisi
b. paragraf narasi
c. paragraf persuasi
d. paragraf argumentasi
e. paragraf deskripsi.
1) Eksposisi
Eksposisi artinya paparan, jadi orang yang membuat eksposisi adalah orang yang oarang yang menyampaikan suatu penjelasan dan informasi, sehingga orang (pembaca) dapat mengerti setelah membaca, memahami apa yang yang telah disampaikan oleh orang yang membuat eksposisi tersebut. Contoh karangan seperti ini adalah makalah, laporan, skripsi, desertasi, dan buku-buku pelajaran.
2) Narasi
Narasi artinya adalah cerita. Penulais membuat cerita agar pembaca dapat menikmati tulisan tersebut. Adapun ciri-ciri yang donminan dalam sebuah cerita adalah tokoh, latar, dan tema cerita. Contoh dari karangan ini yang fiksi seperti roman, cerpen dan kisah. Dan yang non fiksi misalnya sejarah, riwayat hidup, dan biografi.
3) Persuasi
Persuasi artinya bujukan/rayuwan yaitu orang yang membuat karang ini bertujuan untuk merayu dan membujuk pembaca agar mengikuti atau tertarik pada karangannya ketika pembaca itu melihat dan membaca karangan tersebut, misalnya seperti iklan.
4) Argumentasi
Argumentasi adalah alasan yang disampaikan melalui tulisan dimana penulis tersebut menulis berdasarkan fakta dan data agar pembaca dapat meyakini dalam membaca tulisan tersebut dan tulisannya dapat diterima oleh pembaca. Yang termasuk jenis tulisan ini ialah semua karya ilmiyah (makalah,skripsi, dan desertasi).
5) Yang terakhir adalah deskripsi
Deskripsi artinya lukisan atau gambaran, jadi seorang penulis menggambarkan suatu keadaan dengan kata-kata yang disusun oleh penulis dalam karangannya, sehingga dengan kata-kata tersebut pembaca dapat merasakan dan menyesuaikan dengan kata-kata yang dirangkai oleh seorang penulis yang ada pada karangannya, misalnya apabila seorang penulis menggambarkan (mendeskripsikan) dengan kata-kata yang membuat sedih maka pembaca ketika membacanya akan merasa sedih dan terharu.























BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
 paragraf adalah sekumpulan kalimat tersebut terdiri dari satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas
 Syarat-syarat paragraf yang baikyaitu:
• Kesatuan,
• Kepaduan dan
• Kelengkapan
 Macam-macam paragraf
 Menurut fungsi dan tujuannya
a. paragraf pembuka
b. paragraf penghubung
c. paragraf penutup
 Menurut posisi kalimat topik :
a. paragraf deduktif
b. paragraf induktif
c. paragraf deduktif – induktif
d. paragraf tersebar
 Berdasarkan sifat isinya :
a. paragraf eksposisi
b. paragraf narasi
c. paragraf persuasi
d. paragraf argumentasi
e. paragraf deskripsi
B.Saran dan do’a
Dengan rasa sangat berharap kepada seluruh pembaca untuk menyalurkan perbaikannya, karena kami sebagai pemakalah merasa sangat jauh dari kesempurnaan.
Kemudian semoga makalah yang kami susun dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca amien amien ya rabbal alamien….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar