Pages

Senin, 20 Desember 2010

perkembangan islam di indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar belakang
Islam merupakan agama yang sempurna yang di bawa oleh nabi Muhammad saw, dimana Beliau berjuang melawan kejahiliaan dan segala tantangan yang di hadapi Beliau sangatlah tidak ringan, di mana keadaan Arab sebelum Islam mereka menyembah berhala dan memiliki tempat suci dan upacara keagamaan.Mereka menyerahkan korban kepada Tuhan-tuhan mereka yang berujut patung dari batu kasar, dan mereka berarak berkeliling mengitari tempat peribadatan mereka.
Selain mereka menyembah berhala mereka juga sering menghina Nabi Muhammad karena ajaran yang dibawa oleh Rosul itu bertentangan dengan keyakinan mereka, sehingga mereka sering menyakiti dan menghina Nabi Muhammad saw.
Akan tetapi dengan kesabaran dan ketabahan beliau sehingga agama Islam menjadi agama yang semakin hari semakin pesat sehingga samapailah kepada negara kita yaitu negara tercinta Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam dam merupakan negara pemeluk agama Islam terbesar di dunia.

B.Tujuan penulisan makalah
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar kita sebagai warga negara Indonesia mengetahui sejarah perkembangan Islam di Indonesia serta peradaban yang berkembang sebelum mersdeka dan setelah merdeka serta ulama-ulama yang perkecipung dalam perkembangan Islam di Indonesia.









BAB II
PEMBAHASAN

A.Islam sebelum kemerdekaan
Islam tersebar di Indonesia melalui pedagang yang berdagang ke Indonesia, di mana masyarakat Indonesia sebeul Islam mayoritas memeluk agama Hindu.
Islam tersebar di Indonesia pada abad pertama Hijriyah atau abad ketujuh sampai ke delapan Masehi.
Daerah yang pertama pertama di kunjungi oleh penyebar Islam adalah sebagai berikut:
• Pesisir utara pulau Sumatera, yaitu di peureulak Aceh Timur, kemudian meluas sampai bisa mendirikan kerajaan Islam pertama di Samudera Pasai, Aceh Utara.
• Pesisir utara pulau Jawa kemudian meluas sampai ke Maluku yang selama beberapa abad menjadi pusat kerajaan Hindu yaitu kerajaan Maja Pahit
Dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia kita tak lepas dari para wali-wali kita yang di sebut dengan wali sembilan (wali songo) yang dengan ketulusan mereka dan pengorbanan mereka sehinnga Islam dapat tersebar di Indonesia wali songo tersebut adalah:
1. Maulana Malik Ibrahim dikenal dengan nama Syeikh Maghribi menyebarkan Islam di Jawa Timur.
2. Sunan Ampel dengan nama asli Raden Rahmat menyebarkan Islam di daerah Ampel Surabaya.
3. Sunan Bonang adalah putra Sunan Ampel memiliki nama asli Maulana Makdum Ibrahim, menyebarkan Islam di Bonang (Tuban).
4. Sunan Drajat juga putra dari Sunan Ampel nama aslinya adalah Syarifuddin, menyebarkan Islam di daerah Gresik/Sedayu.
5. Sunan Giri nama aslinya Raden Paku menyebarkan Islam di daerah Bukit Giri (Gresik)
6. Sunan Kudus nama aslinya Syeikh Ja’far Shodik menyebarkan ajaran Islam di daerah Kudus.
7. Sunan Kalijaga nama aslinya Raden Mas Syahid atau R. Setya menyebarkan ajaran Islam di daerah Demak.
8. Sunan Muria adalah putra Sunan Kalijaga nama aslinya Raden Umar Syaid menyebarkan islamnya di daerah Gunung Muria.
9. Sunan Gunung Jati nama aslinya Syarif Hidayatullah, menyebarkan Islam di Jawa Barat (Cirebon)
Dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia mereka mengunakan berbagai cara yang sesuai dengan keadaan penduduknya masing-masing seperti mereka menggunakan wayang dalam dakwahnya dll.
Dalam berdakwah mereka tidak langsung menggunakan kekerasan akan tetapi mereka menggunakan metode yang sangat lembut, mereka menujukkan prilaku yang sesuai dengan syariat Islam sehingga masyarat sekitar merasa kagum dan mereasa penasaran dengan prilaku para wali tersebut.
Di dalam agama Hindu ada yang namanya sistem kasta yaitu:
• Brahmana
• Ksatria
• Waisya
• Sudra
Namun para wali tidak mengajarkan tersebut karena di dalam islam semua orang itu sama hanya tingkat ketaqwaannya yang berbeda di sisi Allah swt, sehingga ummat Hindu dan budha tersbut berfikir dan merasa penasaran dengan apa yang dilakukan oleh para wali tersbut, kemudian lambat laun tersebarlah agama Islam di berbagai daerah di indonesia.

1. Peradaban yang berkembang sebelum merdeka
Adapun peradaban yang berkembang sebelum Indonesia merdeka sebagai berikut:
• Birokrasi keagamaan
• Ulama dan ilmu-ilmu keagamaan
• Arsitek bengunan

Sebelum Indonesia merdeka ilmu tentang keagamaan sudah berkembang pesat baik ilmu fiqih, tauhid dll.serta arsitek bangunan juga tak kalah berkembang di Indonesia sebelum merdeka seperti bangunan masjid, contoh masjid masjid kuno di Demak, Sendang duwur agung Kesapuhan di Cirebon, masjid Sunan Ampel yang mana bangunan pada masjid tersebut kebanyakan terbuat dari kayu yang samapi saat ini masih kokoh, masjid agung Banten, Baiturrahman di Aceh.Semua itu berkat datangnya Islam di Indonesia.

B.Islam setelah kemerdekaan
Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, akan tetapi musuh-musuh indonesia tidak terima dan mereka ingin merebut Indonesia kembali.pada bulan oktober 1945 para ulama jawa memproklamasikan perang JIHAD FI SABILILLAH terhadap belanda dan sekutu. Sehingga Indonesia merdeka sampai sekarang ini dan di samping itu Islam pada saat itu semakin berkembang berkat perjuangan umat Islam melawan belanda dan sekutu
.
1.Peradaban yang berkembang setelah merdeka
Setelah Indonesia bebas dari penjajahan peradaban di Indonesia semakin berkembang antara lain sebagai berikut:
• Departemen agama
• Pendidikan
• Hukum islam
• Haji
• Majelis ulama indonesia
Sebelum indonesia merdeka masih belum ada departemen agama dan juga majelis ulama Indonesia, kemudian setelah Indonesia merdeka lahirlah Departemen agama untuk mengurusi dalam bidang keagamaan di Indonesia serta lahirlah sebuah organisasi yang diberi nama “Majelis Ulama Indonesia”.kemudian setelah Indonesia merdeka orang muslim di indonesia banyak yang menunaikan haji, sampai sekarang orang yang haji setiap tahun selalu yang paling banyak bersadal dari Indonesia.dan juga dari segi pendidikan, setelah indonesia merdeka lahiralah sebuah lembaga-lembaga pendidikan Islam di bawah naungan Departemen agama seperti: UII, IAIN SUNAN KALIJAGA, IAIN SYARIF HIDAYATULLAH, IAIN MAULANA MALIK IBRAHIM, dan lain sebagainya.
































BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan
Dari uraian makalah ini penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut:
• Islam lahir di indonesia di bawa oleh para wali yang sembilan (Wali Songo)
• Perkembangan Islam di Indonesia di bagi menjadi dua yaitu: sebelum merdeka, setelah merdeka,
• Peradaban yang berkembang sebelum Indonesia merdeka antara lain sebagai berikut: birokrasi keagamaan, ulama dan ilmu-ilmu keagamaan, arsitek bangunan.
Peradaban yang berkembang setelah Indonesia merdeka antara lain sebagai berikut: Departemen agama, Pendidikan, Hukum Islam, Haji, Majelis Ulama Indonesia.
Itulah kesimpulan yang dapat penulis simpulkana pada makalah ini dari pertama samapai terakhir.

B.Saran-saran
Demikianlah makalah yang dapat penulis uraikan dan dengan rasa penuh kesadaran penulis merasa sangat banyak kekurangan yang terdapat pada makalah ini, maka dari itu dengan rasa lapang dada dan mengharapkan perbaikan ataupun kritik dan sarannya kepada seluruh pembaca karena kita sebagai umat muslim agar selalu memperbaiki antara muslim yang satu dengan muslim yang lainnya sebagaimana sabda rasulullah saw dalam hadistnya: “MANRO’A MINKUM MUNKARON FALYUGHAYYIRHU BIYADIHI, FAILLAM YASTATHI’ FABILISANIHI, FAILLAM YASTATHI’ FABIQOLBIHI, WADZALIKA ADAFUL IMAAN” semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua amien amien ya rabbal alamien….

0 komentar:

Poskan Komentar