Selasa, 14 Desember 2010

islam agama yang suci

ISLAM AGAMA YANG SUCI/ BERPOTENSI

Setelah Islam menyebar dengan cepat dan menakjubkan, kemudian manusia masuk di dalamnya (Islam) secara berbondong-bondong, dan bekembang di dunia sepanjang zaman, lalu apa rahasia dari itu?

Rahasianya adalah bahwasanya Islam itu agama yang suci/berpotensi:
1. Manusia diciptakan dengan potensinya yang condong kepada tauhid, dan segala yang suci bersatu atau dekat dengan tauhid.
Dan Islam mengajak beriman kepada Allah dan keesaa-Nya, dan tidak ada yang menyekutukan-Nya, dan Al-Qur’an yang mulia menjelaskan dalil-dalil keesaan dengan penjelasan yang jelas menerimanya kesucian yang selamat kemudian berkata:
2. Dan di dalam potensi manusia keinginan seorang laki-laki kepada seorang perempuan, untuk membangun keluarga dan menyempurnakan keduanya dengan nikmat dan interaksi, dan Islam mengajak untuk menikah, dan tidak rela apabila tidak kawin atau bujang.
3. Dan manusia dengan potensinya mencintai usaha dan kepemilikan, maka diperbolehkan dengan syariat agar menjadikan usahanya yang halal dan baik, dan kepemilikan dengan jalan yang ditentukan oleh syariat agama. Dan di dalam hadist dikatakan”sebaik baiknya harta yaitu harta milik orang yang sholeh” dan agama melarang kepada usaha yang keji seperti riba karena riba itu usaha yang tanpa bekerja , sebagaimana Allah mengaharamkan sogok menyogok dan mencuri dan semua yang bukan hak manusia.
4. Dan manusia dengan potensinya enggan kepada yang berbeban berat.dan manusia tidak dibebani kecuali sesuai dengan kemampuannya, dan Allah telah memprbolehkan kepada orang yang sakit, dan kepada orang-orang yang sedang dalam perjalanan dan bagi orang yang menyusui untuk berbuka pada bulan Ramadhan (pada siang hari), dan diperbolehkan bagi orang yang tidak menemukan air atau orang yang tidak bisa menyentuhnya untuk bertayammum.
5. Dan manusia diciptakan dengan munculnya kepada rasa ingin tau terhadap apa-apa yang belum diketahui sampai kamu melihat seorang bayi yang bertanya kepada ayahnya tentang apa yang dia lihat, dan Islam telah menyuruh untuk meneliti apa yang di langit dan apa yang di bumi untuk mengetahui rahasia yang ada di dalamnya, dan menganjurkan agar menuntut ilmu meskipun berada di ujung dunia.
6. Dan manusia diciptakan untuk mencintai kemerdekaan dan mencintai perdamaian atas keinginannya dengan apa yang telah disyaritkan dan disiplin/peraturan dan hukuman-hukuman sampai tidak tidak bisa yang memerdekakan selainnya.Dan sejarah telah mencatat kalimat Umar ibn Khattab untuk Amr inb Asy:”kapan manusia beribadah dan ibu-ibu mereka telah melahirkan dengan merdeka?”
7. Dan manusia dibiasakan untuk mencintai kekuatan untuk menguatkan dan menegaskan dan pembalasan darinya dan Al-Qur’an telah mengajak kepada kekuatan dengan firman-Nya, dan membolehkan menolak permusuhan dengan contohnya akan tetapi tidak ridha sehinnga musuhnya lari.
8. Dan manusia dengan potensinya berperasaan yang sama dengan yang lain, dan membenci orang yang tinggi hati atasnya dengan sejenisnya atau warnanya atau hartanya atau usahanya dan keturunannya.dan ditetapkan di dalam Islam untuk mengutamakan prinsip persamaan, dan di dalam hadits ”wahai manusia, sesungguhnya tuhan kalian adalah satu, dan sesungguhnya bapak kalian adalah satu, dan kalian adalah milik Adam, dan Adam dibuat dari tanah.bukan punya orang arab mengutamakan atas orang asing kecualai dengan taqwa”

Dan dari apa yang telah disebutkan menjelaskan bahwasanya islam adalah agama yang suci /berpotensi.
Dan Rasulullah SAW membenarkan seraya berkata:”setiap yang lahir dilahirkan dalam keadaan suci kemudian ayahnya meyahudikannya atau menasranikannya atau memajusikannya”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar