Pages

Senin, 20 Desember 2010

al-qur'an sebagai sumber ilmu pengetahuan

AL-QURAN SEBAGAI SUMBER PENGETAHUAN AGAMA
1.Pengertian
Al-quran adalah kalamullah yang di turunkan kepada nabi muhamad saw, di jadikan sepagai petunjuk dan pedoman sekaligus sebagai mukjijat dan rahmat bagi seluruh alam.yang di dalamya termuat berbagai asas dan dasar-dasar yang telah di tetapkan oleh allah swt . di lihat dari fungsiya bahwa al quran sebagai pentunjuk yang memuat ilmu ilmu, terutama ilmu tentang agama .
2.Pembagian
sebagai mana yang di katakan oleh Az zarkasi , bahwa al-quran itu memuat tiga dasar pokot ilmu tentang agama yaitu:
a. Tauhid
sebagaimana yang di trangkan rosullah dalam sunahya yang di riwayatkan oleh bukhari bahwa “ seyogyanya yang pertama kau ajarkan adalah tentang ke tauhidan kepada allah, apabila suatu kaum itu sudah paham tentang tauhid maka berikanlah habar bahwa allah perintahkan kepada mereka untuk shalat lima waktu”.
b. Tadzkiir
sebagaimana yang telah allah jelaskan dalam surah Adz-dzariyat ayat 55:
 •    
“Dan tetaplah memberi peringatan, karena Sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman”.
c. Al-ahkam




AL-QURAN DAN ILMU PENGETAHUAN UMUM
Al-quran adalah kitab suci yang di jadikan sebagai rahmat untuk segala bidang dan segala aspek. Selain memiliki kekuatan dalam segi kebahasaan dan pemberitaan,al-quran juga memperlihatkan ke istimewaanya melalui ilustrasi-ilustrasi ajaranya yang memberi isyarat ke arah pengembangan pengetahuan dan teknologi. Di antara cabang cabang ilmu yang memperoleh perhatian serius dari al-quran dan terekontruksi secara baik oleh saintis adalah : Fisika , biologi, astronomi, kimia dan geologi.
1.fisika
Al-quran bukan buku ilmu penetahuan dan buku fisika .tetapi al-quran dapat mengungak ilustrasi tentang kehidupan alam yang kemudian di tangkap para ilmuan sebagai isyarat ilmu pengetahuan. Menurut Ahmad baiquni ,bahwa:” al-quran memberikan isyarat bagaimana peroses awal alam ini di ciptakan.”sebagaimana yang Allah isyaratkan dalam al-quran dalam surahal-Anbiya’/21:30:
    •          •      
“ Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman?”




Menurut penjelasan allah tersebut, dapat di tafsirkan bahwa terdapat dua kata yaitu al-asma’ adalah gugusan bintang bintang yang berada di luar pelanet bumi,sedangkan dari kata ardh berarti pelanet bumi yang di tempati oleh manusia. Menurut baiquni dari kata kemudian kami pisahkan adalah peristiwa ledakan dasyat yang muncul akibat suhupanas yang di timbulkan karna gesekan gesekanatas atom hidrogen yang memadat ,sesuai dengan analisis adri penelitian ilmu fisika bahwa awal dari kejadian alam ini dari peroses kondensasi hidrogen yang sangat panas,lalu terjadi ledakan yang sangat dasyat yang membuat hamparan-hamparan galaksiyang kemuduan memadat karna suhu dingin. Isyarat keilmuan seperti ini bagi manusia jaman sekarang yang sudah menerima informasi pengetahuan cukup banyak,akan menimbulkan kekaguman yang luar biasa kepada al-quran dan selanjutya akan mempertebal ke imananya kepada sang pencipta yang maha sempurna.
2. Biologi
Salah satu tema penting yang di bahas dalam al-quran, terutama dengan peristiwa reproduksi manusia yang dalam pembahasan ilmu modern termasuk ke dalam ilmu biologi,yang selanjutya sebagai dasar ilmu ke dokteran.
Allah menciptakan manusia dengan bentuk yang sangat sempurna. Allah menyatakan kejadian manusia berawal dari setetes seperma yang membuahi seltelur wanita dalam rahim yang cukup kokoh. Sebagaimana di yatakan dalam surah al-Mukmin ayat 13:
     • 
“ kemudian kami jadikan saripati air mani(yang di simpan)dalam tempat yang kokoh(rahim).”
Setelah memakan beberapa waktu maka jadilah perkembangan yaituperkembangan embiro.sebagaiman di gambarkan dalam al-quran surah al-Mukmin ayat 14:
                      
“kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah , lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging,dan segumpaldaging itu kami jadikan tulang belulang,lalu tulang – belulang itu kami bungkus denagn daging.kemudian kami jadikan dia mahluk yang (berbentuk)lain. Maka maha suci allah pencipta yang paling baik”.
Dari ayat tersebut jelaslah bahwa al-quran sangat memperhatikan tentang sesuatu yang berkaitan dengan ilmu umum,yang telah allah gambarkan tentang penciptaan manusia dari setetes air manjadi bentuk yang sempurna .

3. Astronomi
Adalah salah satu di siplin ilmu yang menekankan pembahasanya pada benda-benda langit.
Peryataan penting allah tentang benda benda ruang angkasa adalah bahwa dia telah menundukan benda benda langit dan benda benda bumi untuk semua umat manusia.peryataan ini di ungkapkan dalam surah al-Jatsiyah ayat 13:
  •         •      
“dan dia telah menundukan apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi (semua rahmat) dari-nya.sesungguhya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi orang yang berpikir”.
Salah satu fungsi dan kegunaan dari gugusan bintang di rung angkasa sebagaimana di ungkapkan dalam alquran yaitu sebagai petunjukbagi kehidupan manusia di muka bumi . salah satu kegunaanya di gunakan oleh sebagian nelayan dan petani.
Penelitian dalam bidang ilmu perbintangan, menurut Maruice Bacuaille , seharusnya tidak berhenti setelah di temukanya bintang bintang tersebut sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia d muka bumi, tapi juga harus menyikapi secara positifdengn melitah ruang angkasa sebagai nalur (alam) yang dapat di manfaatkandengan baik untuk kehidupan manusia.

4. Kimia
Ilmu kimia merupakan ilmu yang teknis dan merupakan ilmu yang terapan.pencampuran kimiawi merupakan sunatullah,hukum allah untuk kehidupan alam semesta. Sebagi mana yang di isyaratkan oleh al-quran dalan surah al-Anbiya’ ayat 30 :
    •          •      
"Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman?”
Contoh nyata saat awal ada pecahan bumi, di pelanet ini tidak ada kehidupan,karna suhunya yang sangat panas . lalu terjadi peroses kondensasi sehingga ada yang memadat menjadi permukaan bumi dan di antaranya ada yang tertarik dengan kuatnya cahaya matahari sehingga menonjol ke atas dan terjadilah gunung gunung. Ketika peroses kondensasi inilah terbentuk unsur unsur bumi yaitu:
a.metan
b.amonia
c.H 2 ( hidrogen)
d.O2 ( oksigen)
Interaksi antar unsur hidrohen dan oksigen inilah yangmenimbulkan air. Oleh sebab itu dalan ilmu kimia air di lambangkan dengan simbol H2O .
Dalam air ini yang di bantu sinar Matahari dan kilatan listrik dari halilintar , terjadi awal kehidupan dengan timbulnya jasad hidup dalam air, antara lain asam amino, yang kemudian menjadi mahluk hidup yang bersel satu,dan terus berkembang sehingga muncul binatang darat sampai terjadi mahluk mahluk karna terjadi perubahan perubahan dan kode genetik pada keromosom keromosom induk .
5. Geologi
Diantara yang mendapat perhatian khusus dari al-quran dalam kajian geologi adalah tentang gunung,yang merupakan bagian penting dalam keseimbangan gerak dalam alam semesta . al-quran menyatakan secara ekplisit bahwa gunung adalah sebagai pasak bumi sebagai mana firman nya dalam surah an-Naba’ ayat 6-7
       
“Bukankah kami telah jadikan bumi sebagi hamparan dan gunung gunung sebagai pasak”.
Pernyataan tersebut dapat di jelaskan lebih lanjutoleh ilmu geologi, bahwa di bawah lapisan kerak bumi terdapat lapisan lithosfir ( pada batas kedalaman70 km di bawah samudra dan 100-150km di bawah permikaan benua)berpa lempengan lempengan kers yang mengapung di atas astonosfer plastis, dan bergerak secara bebas.
Al-quran menjelaskan bahwa gunung adalah pasak bumi, karna mampu memerankan fungsinya sebagai penjaga keseimbang posisi benua saat lempengan penopangnya berbenturan dalam lapisan lithosfir, daidak menimbulkan benturan dalam benua tetapi lapisan benua tersebut menjadi menonjol ke dorong ke atas dan lebih tinggi dari permikaun bumi yang lainya . rumusan teori goelogi ini di temukan pada abadke 19, atau kira-kira 13 abad setelah al- quran di turunkan.
6. Ilmu kesehatan
Sehat merupakan setiap kebutuhan manusia di seluruh zan .salah satu yang menjadi perhatian serius Al- quran adalah pembinaan budaya hidup sehat melalui penbinaan tradisi hidup bersih . salah satu cara yang Al – quran ajarkan adalah dengan berwudlu. Sebagaiman yang tercantum dalam surat al maidah ayat 6:
                                                                
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub Maka mandilah, dan jika kamu sakit[403] atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh[404] perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”
[403] Maksudnya: sakit yang tidak boleh kena air.
[404] Artinya: menyentuh. menurut jumhur Ialah: menyentuh sedang sebagian mufassirin Ialah: menyetubuhi.
Di samping melakukan pembinaan tradisi hidup berssih dalam menjag ke sehatan fisik ,Al- quran juga memerintahkan untuk membiasakan berpakaiyan bersih pula, baik ketika menghadap ke pada-nya sebagai mana yang tercantum dalam surah al maidah ayat 31:
                          • 
“ kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya[410]. berkata Qabil: "Aduhai celaka Aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" karena itu jadilah Dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.”

[410] Dipahami dari ayat ini bahwa manusia banyak pula mengambil pelajaran dari alam dan jangan segan-segan mengambil pelajaran dari yang lebih rendah tingkatan pengetahuannya.
maupun dalam berinteraksi dengan manusiasebagaimana yang tercantum dalam surah :
  
“Dan pakaianmu bersihkanlah,”
Setelah terjaganya kesehatan fisik dan pakaian maka Al-quran memerintahkan dengan menjaga kesehatan dari dalam dan dari luar.
7. Ilmu pertanian
Allah menyatakan bahwa hamparan bumi merupakan lahan potensial untuk di jadikan lahan peroduktif oleh manusia , melalui penanaman tumbuhan yang di butuhkan untuk kepentingan hidup seluruh mahlukya terutama manusia.




AL-QUR’AN DAN TEORI ILMU PENGETAHUAN

Al-quran dan teori ilmu penetahuan apabila di kaitkan akan menimbulkan ketakjuban yang tak terhingga . contohnya:
a.langit dan bumi dahulunya satu
Dalam surat al -An-biyaa’ ayat 30, al-qurqn menegaskan bahwa pada mulanya antara langit dan bumi adalah satu :
    •          •      
“ dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman?”
Teori Big Bang mengatakan : Bahwa alam semesta itu dulunya satu.kemudian akhirnya terpecah seperti sekarang ini.
a. Segala sesuatau di ciptakan berpasangan
Sebagaimana firman allah dalam surah yasiin ayat 36:
             
“ maha suci tuhan yang telah menciptakan pasangan pasangan semuanya baik dari apa yang di tumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa apa yang mereka tidak ketahui.”
Ilmuan inggris , Paul Dirac, yang menyatakan bahwa materi di ciptakan secara berpasangan. Penemuan ini yang disebut “parite” mengatakan materi berpasangan bersama lawan jenisnya contohnya:
Anti- Materi memiliki sifat sifat yang berlawanan dengan Materi.elektron anti-materi bermuatan positifdan perotonya bermuatan negatif, dan sebaliknya .

b. Gunung yang bergerak
Al-quran ayat 88 surah al-Ra’d:
      •        
“ dan kamu telah berdiam di tempat-tempat kediaman orang-orang yang Menganiaya diri mereka sendiri, dan telah nyata bagimu bagaimana Kami telah berbuat terhadap mereka dan telah Kami berikan kepadamu beberapa perumpamaan".
Seorang ilmuan jerman yang bernama Alfred wegener mengemukakan bahw a benua-benua pada permukaan bumi menyatupada masa masa awal bumi, namun bergeser ke arah yang berbeda beda sehingga terpisah saat mereka bergerak saling menjauh.
c. Langit yang mengembang
Dalam al-quran , yang di turunkan 14 abad silam di saat ilmu astronomi masih terbelakang,mengenembangya alam semesta di gambarkan sebagai berikut:
     
“ dan langit itu kami bangun dengan kekuasaan kamidan sesungguhnya kami benar- benar meluaskannya.”(Q.S./51:47)
Sejak terjadinya peristiwa big beng,alam semesta telah mengembang secar terus menerus dengan ke cepatan maha dasyat. Para ilmuan menyamakan peristiwa mengembangnya alam semesta dengan permukaan balon yang di tiup.
Pada awal abad ke 20 fisikawan rusia, alexanderfriedmann,dan ahli kosmologi belgia,Geogre Lamaitre secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam semesta senan tiasa berkembang dan bergerak.


















KESIMPULAN DAN PENUTUP

Dari semua penjelasan di atas dapat kami simpulkan bahwasannya al-quran bukan hannya sebagai kitab suci tapi merupakan sumber dari semua bidang disiplin ilmu. Baik dari segi agama ,umum , maupun teori-teori yang berkembang pada kalangan ilmuan. Dengan semua kejadian yang terjadi pada alam semesta pada hakekatnya telah tertera dalam al-quran ,baik zaman yang sudah lalu maupun zaman yang akan datang.semoga penjelasan di atas dapat menambah keyakinan dan kekaguman terhadap al-quran yang di jadikan sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam.
Alhamdulilah kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dari semua kekurangan dan kesalahan ,semoga dapat menjadikan kita lebih memahami dan mengerti semua yang allah sampaikan dalam al-quran al karim.

3 komentar:

YULI mengatakan...

ini sangat bermanfaat gi kmi murit mtsn 1 bukittinggi
terima kasih
BY;YULI

MUHAMMAD RASYIDI mengatakan...

syukron...
kami juga sangat senang sekali anda telah mampir di coretan kami....
semoga bermanfaat

Mujahid mengatakan...

afwan akh, kalo mau download nya gmana ya ?

Poskan Komentar